Konfigurasi SSH Server di Debian Server || Catatan Rio Oblax BLC Telkom Klaten - [Rio Oblax] BLOG

Baru-Baru ini

[Rio Oblax] BLOG

Hanyalah sebuah blog sederhana tentang sebuah Jaringan,Android,Komputer,Sistem Operasi dan teknologi masa kini dan lain-lain

SILAHKAN DIBACA,DICERMATI DAN DIPAHAMI ^_^

Monday, April 9, 2018

Konfigurasi SSH Server di Debian Server || Catatan Rio Oblax BLC Telkom Klaten

Assalamualaikum WR.WB

A.Pengertian
Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan komunikasi data antarmuka baris perintah perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

B.Latar Belakang
SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer dan biarkan komputer Ada beberapa cara untuk menggunakan SSH; salah satunya adalah dengan menggunakan secara otomatis public-privat key pasangan untuk dengan sederhana mengenkripsi koneksi jaringan, dan kemudian menggunakan otentikasi password untuk login.

C.Maksud dan Tujuan
Untuk meremote Debian Server agar lebih mudah dalam melakukan konfigurasi

D.Alat dan Bahan
  • Laptop dan Komputer masing" ada 1 (buah)
  • Akses Internet
  • Routerboard Mikrotik (1 Buah)
  • Komputer Server sudah terinstal sistem operasi Debian
E.Waktu Pelaksanaan
10 Menit

F.Pembahasan
1.Masuk ke Terminal lalu ketikkan perintah apt-get install openssh-server -> Enter

2.Lalu konfigurasi SSHnya dengan mengetikkan perintah nano /etc/ssh/sshd_config -> Enter

3.Saya mencoba mengganti port sshnya yang aslinya 22,seperti yang saya tandai dibawah ini

4.Saya mengganti portnya dengan angka 12 untuk keamanan dari ssh saya,lalu CTRL + X dan Y

5.Kemudian ketikkan lagi perintah /etc/init.d/ssh restart -> Enter untuk merestart sshnya

6.Sekarang saya keluar dari mode debiannya,dan saya masuk lai ke server saya dengan perintah ssh jaya@192.168.12.3 -p 12-> Enter mengapa saya menambahkan -p,karena port aslinya yang tadi saya rubah dari port asli (22) ke (12)

7.Hasilnya saya bisa meremote server saya dengan saya di laptop

G.Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/SSH

Wassalamualaikum WR.WB

No comments:

Post a Comment