Hari Kesepuluh Training Cisco REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 9 Final (Pengujian dan Penyelesaian Masalah) || BLC Telkom Klaten - [Rio Oblax] BLOG

Baru-Baru ini

[Rio Oblax] BLOG

Hanyalah sebuah blog sederhana tentang sebuah Jaringan,Android,Komputer,Sistem Operasi dan teknologi masa kini dan lain-lain

SILAHKAN DIBACA,DICERMATI DAN DIPAHAMI ^_^

Sunday, February 4, 2018

Hari Kesepuluh Training Cisco REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 9 Final (Pengujian dan Penyelesaian Masalah) || BLC Telkom Klaten

Assalamualaikum WR.WB

Pada kali ini kita membahas tentang Ebook REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 9 Final (Pengujian dan Penyelesaian Masalah) yang babnya berisi tentang materi-materi sebagai berikut:

9.1 Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?
Menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan ketika konfigurasi yang baru tidak bekerja seperti seperti yang diduga.

9.2 Mengatasi Masalah Jaringan
Mengatasi masalah jaringan dengan utiliti jaringan yang umum.

9.3 Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum
Mengatasi sebuah masalah koneksi jaringan.

9.4 Bekerja dengan ‘Customer Support’
Menjelaskan bagaimana bekerja dengan ‘customer support’.

A.Pengertian
Pengujian dan penyelesaian masalah adalah bidang studi di bawah payung linguistik terapan. Fokus utamanya adalah penilaian terhadap bahasa pertama, kedua atau lainnya, di sekolah, perguruan tinggi, atau konteks universitas; penilaian terhadap penggunaan bahasa di tempat kerja; dan penilaian bahasa dalam konteks imigrasi, kewarganegaraan, dan suaka penilaian meliputi menyimak, berbicara, membaca, menulis atau pemahaman budaya. Bobot yang sama dapat ditempatkan pada pengetahuan (pemahaman bagaimana bahasa bekerja secara teoretis) dan kemampuan (kemampuan untuk menggunakan bahasa praktis), atau bobot yang lebih besar dapat diberikan kepada satu aspek atau yang lain

B.Latar Belakang
Penilaian kinerja merupakan proses pengukuran organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penilaian kinerja dapat juga diartikan
sebagai penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi,bagian organisasi, dan personilnya, berdasarkan visi, misi, standar organisasi
yang telah ditetapkan sebelumnya. Organisasi pada dasarnya dioperasikan oleh sumber daya manusia, maka penilaian kinerja sesungguhnya merupakan penilaian atas perilaku manusia dalam melaksanakan peran dalam organisasi

C.Maksud Dan Tujuan
Mengetahui skill dan kemampuan dari seorang IT dalam melaksanakan Tugasnya

D.Waktu Pelaksanaan
9 Jam

E.Pembahasan
9.1 Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?

Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.

Mengumpulkan Informasi Pertanyaan individual dengan melaporkan masalah dan berbagi pengalaman dengan pengguna yang
pernah terkena masalah yang sama. Mengumpulkan informasi tentang peralatan apapun yang mungkin terkena dampak.

Pendekatan Troubleshooting
Memilih pendekatan troubleshooting
  • Top-down
  • Divide-and conquer
  • Bottom-up
Pendekatan bagus lainnya
  • Trial and Error
  • Substitution
 9.2 Mengatasi Masalah Jaringan

Mendeteksi Masalah Fisik
1.Menggunakan panca indra
2.Penglihatan
3.Penciuman
4.Peraba
5.Pendengaran

Menggunakan Software dan Utility
1.ipconfig
2.ping
3.netstat
4.tracert
5.nslookup

Informasi IP Windows
ipconfig
ipconfig /all
ipconfig /release and ipconfig /renew

Menguji Konektivitas Jaringan
Menggunakan perintah ping
‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai.
Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.


Apa hasil dari ‘ping’?
Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.

Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.

Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.

Utilitas IP Berguna Lainnya
Bisakah saya mencapai tujuan?
Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalur.

Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.

Mengatasi Masalah DNS
Utilitas nslookup memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang nama DNS tertentu di server DNS.


9.3 Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum

Divide and Conquer
  • Ping dari klien wireless ke default gateway
  • Ping dari klien berkabel ke default gateway
  • Ping dari klien wireless ke klien berkabel
Bottom Up
  • Memeriksa LED
  • LED mungkin berubah warna atau flash untuk menyampaikan informasi

Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah Yang Umum

Masalah Perkabelan
  1. Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
  2. Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
  3. Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
  4. Pastikan port yang benar sedang digunakan.
  5. Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.

Memecahkan Masalah Wireless

Penyebab Masalah Wireless
  • Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
  • Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
  • Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
  • Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
  • AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
  • SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
  • Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
  • Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien. 
Masalah DHCP dan Alamat IP12

Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway


Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet?
  • Periksa halaman status router.
  • Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
  • Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
Mungkinkah itu Firewall?
  • Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’
  • dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke port ITU
  • Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah

9.4 Bekerja dengan ‘Customer Support’

Menggunakan Sumber Luar Untuk Bantuan


Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar.

Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan. Menggunakan Meja Dukungan
Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin suatu informasi.

Menjaga Catatan/Nama Baik

Menyelesaikan Masalah
Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan
Tiket dan Tata Kerja
Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakses
pelanggan yang relevan informasi.Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah,atau laporan kejadian.Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.

F.Kesimpulan
Dari kesimpulan materi di atas kita  dapat memberikan sebuah alternatif sistem penilaian kinerja yang dapa memberikan pemahaman manajemen tentang kinerja organisasi secaratepat dan menyeluruh serta dapat diimplementasikan pada sebuah lapangan kerja

G.Referensi 
Ebook REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 9
http://eprints.ums.ac.id/25500/4/BAB_I.pdf
Penilaian bahasa - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sekian Terimakasih
Wassalamualaikum WR.WB 

No comments:

Post a Comment