Hari Kelima Exam Cisco Chapter 1-5 Checkpoint || Rio BLC Telkom - [Rio Oblax] BLOG

Baru-Baru ini

[Rio Oblax] BLOG

Hanyalah sebuah blog sederhana tentang sebuah Jaringan,Android,Komputer,Sistem Operasi dan teknologi masa kini dan lain-lain

SILAHKAN DIBACA,DICERMATI DAN DIPAHAMI ^_^

Tuesday, January 30, 2018

Hari Kelima Exam Cisco Chapter 1-5 Checkpoint || Rio BLC Telkom

Assalamualaikum WR.WB
Pada hari ini saya menjalani ujian Cisco Chapter 1-5 Checkpoint Exam,dan dalam ujian ini terdapat beberapa materi-materi yang sebelumnya sudah saya bahas di artikel yang sebelumnya seperti


Chapter 1 :
1.1 Berkomunikasi di Dunia yang Terhubung 
1.2 Jaringan Lokal  
1.3 Membangun Jaringan Sederhana 

Chapter 2 : 
2.1 Harus Online
2.2 Pertimbangan Jaringan Lainnya
2.3 Kabel dan media.

Chapter 3 :
3.1 Prinsip Komunikasi
3.2 Berbicara Bahasa Jaringan
3.3 Bagaimana Jaringan Ethernet Bekerja
3.4 Bagaimana Jaringan Dibangun 
3.5 Routing di Jaringan Jauh

Chapter 4 :
4.1 Alamat IPv4 dan Subnet Masker
4.2 Jenis Alamat IPv4
4.3 Bagaimana Alamat IPv4 Diperoleh
4.4 Manajemen Alamat IPv4
4.5 Alamat IPv6

Chapter 5 :
5.1 Bagaimana Klien dan Server Bekerja Bersama
5.2 Kerja protokol internet
5.3 Protokol dan Layanan Aplikasi

A.Pengertian

Ujian Cisco Chapter 1-5 Checkpoint Exam
Ujian ini mencakup materi dari Bab1 sampai bab 5 dari kurikulum Networking Essenstials 1.0. Ujian ini akan diberi skor dengan menggunakan Model Tertimbang dimana masing-masing MCSA (Multiple-Choice Single-Answer) Dua pilihan untuk setiap pilihan yang benar

B.Latar Belakang 
Akademi Jaringan Cisco
Cisco Networking Academy adalah program keterampilan dan pengembangan karir IT untuk institusi pembelajaran dan individu di seluruh dunia. Lebih dari 5,5 juta orang telah bergabung dengan Akademi Jaringan dan menjadi kekuatan untuk perubahan dalam ekonomi global sejak 1997.
Dari sekolah menengah ke universitas ke organisasi masyarakat, lebih dari 9000 institusi di 170+ negara menawarkan kurikulum Networking Academy. Ini adalah program andalan upaya Corporate Social Responsibility (CSR) Cisco. Bersama-sama, kita sedang membangun tenaga kerja besok.

C.Alat Dan Bahan 
-Akun Netacad (jika belum punya akunnya silahkan buat di DISINI)
-1 Laptop/PC
-Koneksi Jaringan
-PC/Laptop sudah terinstal Java dan Adobe Flash Player
  
D.Maksud Dan Tujuan
Dari ujian ini kita dapat memperoleh pengalaman atau memperoleh sertifikat Cisco JIKA lulus dari ujian tersebut

E.Waktu Pelaksanaan
9 Jam

E.Pembahasan Kegiatan
Pada jam 8 tepat,kita disuruh untuk mengumpulkan data dalam kertas yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu untuk memenuhi daftar formulir peserta ujian Cisco Chapter 1-5 Checkpoint Examp

Setelah itu sebelumnya kalian yang sudah mendaftar akun di Netacad pastinya akan mendapatkan sebuah pesan dari Cisco yang sudah terdaftar dari Cisco yang isinya berupa seperti gambar dibawah



Dan setelah mendapat pesan dari pihak tersebut klik login pada pesan tersebut.
maka untuk Prosedur dan lain"nya dalam ujian akan terlihat sebagai berikut
Buka Web yang bernama BPN-BLC-NetEss,dan didalam Ujiannya akan terlihat seperti ini
Jika kita ingin mengerjakan soal dari Ujiannya,kita bisa memilih Menu Assignment


Diatas gambar terlihat bahwa angka 71.4/100 pts yang berarti saya sudah mengerjakan soal dari Ujian tersebut dan hanya mendapatkan nilai 71.4 dari point 100



Untuk cara pengerjaannya saya memang tidak melakukan proses screenshoot pada pengerjaan,karna memang saya ingin fokus terlebih dahulu ke soal yang telah ada,dan agar kalian semua "Kepo" dengan isi soal yang ada.

Berikut penjelasan dari skema  gambar diatas:

1. CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

CCENT merupakan tingkatan sertifikasi cisco paling bawah. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan troubleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi networking fundamental, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan dan konsep wireless, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil.

2. CCNA (Cisco Certified Network Associate)

CCNA merupakan sertifikasi cisco tahap lanjutan dari CCENT. Selain memiliki syarat kompetensi pada sertifikasi CCENT. Kandidat yang telah lulus CCNA juga memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai fundamental wireless networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.

Macam-macam spesialisasi dari CCNA antara lain: CCDA, CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Video, CCNA Voice, dan CCNA Wireless.

3. CCNP (Cisco Certified Network Professional)

CCNP adalah tingkatan untuk professional, sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan. Syarat untuk mendapatkan sertifikat CCNP adalah harus memiliki sertifikat CCNA terlebih dahulu.

Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDP, CCNP Cloud, CCNP Collaboration, CCNP Data Center, CCNP Routing and Switching, CCNP Security, CCNP Service Provider, CCNP Voice, dan CCNP Wireless.

4. CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

CCIE adalah tingkatan Expert, setiap orang yang memiliki sertifikat CCIE ini memiliki kemampuan expert  untuk mengatasi tantangan tertinggi dalam bidang networking. Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDE, CCIE Collaboration, CCIE Data Center, CCIE Routing & Switching, CCIE Security, CCIE Service Provider, dan CCIE Wireless.

5. CCAR (Cisco Certified Architect)

CCAR adalah tingkatan paling tinggi dari semua sertifikasi cisco. Sertifikat CCAR ini didesain untuk senior network infrastructur architects. Yang memiliki kemampuan/pengetahuan khusus tentang teknologi dan arsitektur infrastruktur cisco.
Untuk harga yang harus dibayar tidaklah sedikit, tidak seperti les atau bimbel, sertifikasi ini membayar sampai 3 jutaan.

F.Kesimpulan
Dari Ujian Cisco Chapter 1-5 Checkpoint Exam,saya menyadari bahwa perlu pemahaman khusus tentang konsep dari semua chapter 1-5 dan pastinya harus cukup mahir dalam berbahasa inggris

G.Referensi
-http://www.transiskom.com/2015/07/mengenal-macam-macam-sertifikasi-cisco.html
-Ebook REVIEW NetEss Instructor Materials

Demikian dari saya,apabila terdapat kata" yang tidak pantas atau kurang sopan,mohon maaf sebesar besarnya
Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment