Hari Keempat Training Cisco REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 5 || BLC Telkom Klaten - [Rio Oblax] BLOG

Baru-Baru ini

[Rio Oblax] BLOG

Hanyalah sebuah blog sederhana tentang sebuah Jaringan,Android,Komputer,Sistem Operasi dan teknologi masa kini dan lain-lain

SILAHKAN DIBACA,DICERMATI DAN DIPAHAMI ^_^

Monday, January 29, 2018

Hari Keempat Training Cisco REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter 5 || BLC Telkom Klaten

Assalamualaikum WR.WB
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang Training Cisco  pada hari ke-4 dengan materi REVIEW NetEss Instructor Materials Chapter5

A.Pengertian
Protokol dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik (mis. komputer)
Agar komputer satu dan komputer lain dapat mempertukarkan informasi, harus sudah ada persetujuan sebelumnya antarperangkat bagaimana struktur informasi dipertukarkan (dikirim dan diterima).
Protokol penting karena tanpa protokol, sebuah komputer yang sedang mengirimkan data bisa jadi mengirimkan data tersebut dalam paket 8-bit sementara komputer yang menerimanya mengharapkan paket 16-bit.Protokol-protokol diciptakan dan disepakati secara internasional oleh organisasi-organisasi industri di dalamnya. Salah satu protokol yang paling terkenal adalah OSI (Open Systems Interconnection), dalam bahasa Indonesia interkoneksi sistem terbuka. Di mana OSI adalah seperangkat paduan untuk mengimplementasikan komunikasi jaringan antar komputer. Protokol-protokol internet yang paling penting di antaranya adalah TCP/IP, HTTP, dan FTP.
Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
B.Latar Belakang
Di era globalisasi ini, dimana segala sesuatunya itu berjalan dengan cepat, kemajuan teknologi semakain memudahkan manusia untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi. Semua orang di zaman sekarang ini   hampir setiap individu sudah memiliki komputer.
Di mana didalam dunia komputer ada yang namanya client server, Client merupakan sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.
Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

Tujuan Client Server untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan pengintegrasian data, distribusi informasi dan sebagainanya tentnya yang berhubungan dengan client server, ini juga menempatkan sebuah komputer sebagai server yang bertugas sebagai pusat pengolahan dan layanan  bagi terminal-terminal lain (client) yang terhubung dalam sistem jaringan tersebut.

Model OSI menyediakan secara konseptual kerangka kerja untuk komunikasi antar computer, tetapi model ini bukan merupakan metode komunikasi. Sebenarnya komunikasidapat terjadi menggunakan protocol komunikasi. Di dalam konteks jaringan data, sebuah protocol adalah suatu aturan formal dan kesepakatan yang menentukan bagaimana computer  bertukar informasi melewati sebuah media jaringan. Sebuah protocol mengimplementasikansalah satu atau lebih dari lapisan – lapisan OSI. Sebuah variasi yang lebar dari adanya protocol komunikasi, tetapi semua memelihara pada salah satu aliran group: protocol LAN, protocol WAN, protocol jaringan dan protocol routing.Protocol LAN beroprasi pada lapisan fisik dan data link dari model OSI sertamendefinisikan komunikasi dari macam – macam media LAN. Protocol WAN beroprasi pada ketiga lapisan terbawah dari model OSI dan mendifinisikan dari macam – macamWAN. Protocol routing adalah protocol lapisan jaringan yang bertanggung jawab untuk menentukan jalan dan pengaturan lalu lintas. Akhirnya protocol jaringan terdiri dari berbagai protocol dari lapisan teratas yang ada dalam sederetan protocol.
C.Maksud dan Tujuan
-Memperdalamam tentang Bagaimana Client dan Server Bekerja
-Memperoleh materi kerja Protokol Internet
-Mengetahui tentang Protokol dan Layanan Aplikasi didalamnya

D.Waktu Pelaksanaan
9 Jam

E.Pembahasan Kegiatan
Hubungan Antara Client dan Server pada sebuah jaringan
Ada jutaan server yang terhubung ke Internet, menyediakan layanan sepertisitus web, email, transaksi keuangan, dan unduhan musik ke Client.

Karakteristik utama sistem Client / server adalah klien mengirimkan permintaan
server merespon dengan menjalankan fungsi, seperti mengirim dokumen yang diminta kembali ke klien.

Klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.

Sebuah uniform resource locator (URL) digunakan untuk mencari server dan resource tertentu. URL mengidentifikasi:
-Protokol digunakan, biasanya HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk halaman web
-Nama domain server sedang diakses
-Lokasi sumber di server
-Sumber (nama file)

Beberapa protokol yang digunakan untuk layanan Internet adalah :

-Domain Name System (DNS) - Menyelesaikan nama internet ke alamat IP.

-Secure Shell (SSH) - Digunakan untuk menyediakan akses jarak jauh ke server dan perangkat jaringan.

-Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) - Mengirimkan pesan email dan lampiran dari klien keserver dan dari server ke server email lainnya.

-Post Office Protocol (POP) - Digunakan oleh klien email untuk mengambil email dan lampiran dari remote server

-Internet Message Access Protocol (IMAP) - Digunakan oleh klien email untuk mengambil email dan lampiran dari server jauh

-Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) - Digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat dengan IP secara otomatis pengalamatan dan informasi lain yang diperlukan agar mereka dapat berkomunikasi melalui Internet.

-Web Server - Transfer file yang membentuk halaman web World Wide Web menggunakan Hypertext

-Transfer Protocol (HTTP)
File Transfer Protocol (FTP) - Digunakan untuk transfer file interaktif antar sistem.

Cara Kerja Protokol
Berbagai protokol yang diperlukan untuk menghadirkan fungsi halaman web TCP/ IP adalah:

-Application layer
-Transport layer
-Internetwork
-Network access

Ketika sebuah aplikasi memerlukan pengakuan bahwa sebuah pesan dikirimkan, ia menggunakan TCP.

UDP adalah sistem pengiriman best-effort' yang tidak memerlukan pengakuan penerimaan.
Port adalah pengenal numerik di setiap segmen yang digunakan untuk melacak
Percakapan khusus antara klien dan server.

Port dikategorikan menjadi tiga kelompok: Well-known (1 – 1023 ), registered
    (1024 – 49151 ), dan private ( 49152 – 65535 ).

Setiap pesan yang dikirim oleh host berisi port sumber dan tujuan.

Nomor port sumber secara dinamis dihasilkan oleh perangkat pengirim untuk mengidentifikasi percakapan antara dua perangkat.

Klien menempatkan nomor port tujuan di segmen tersebut untuk memberi tahu server tujuan tentang layanan apa yang diminta.

Protokol Dan Layanan Aplikasi
Domain Name System (DNS) , DNS terdaftar dan diatur di Internet dalam
kelompok tingkat tinggi tertentu, atau domain. Beberapa domain tingkat tinggi  yang paling umum di Internet adalah .com, .edu, dan .net.

Server DNS berisi tabel yang mengaitkan nama host di domain dengan
alamat IP yang sesuai Saat server DNS menerima permintaan, ia akan
memeriksa tabelnya untuk menentukan alamat IP yang terkait dengan server
tersebut.

Saat klien web menerima alamat IP dari server web, browser klien menggunakan alamat IP dan port 80 untuk meminta layanan web menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

HyperText Markup Language (HTML) coding memberitahu browser bagaimana memformat halaman web dan grafis dan font apa yang akan  digunakan.

Telnet menggunakan perangkat lunak untuk membuat perangkat virtual yang
menyediakan fitur yang sama sesi terminal dengan akses ke antarmuka baris
perintah server (CLI).

SSH menyediakan remote login yang aman dan layanan jaringan aman lainnya.
Juga memberikan otentikasi yang lebih kuat daripada Telnet dan mendukung
pengangkutan sesi data menggunakan enkripsi Profesional jaringan harus selalu menggunakan SSH di tempat Telnet, bila memungkinkan

Klien Email dan Server - Setiap server email menerima dan menyimpan
email untuk pengguna yang memiliki kotak pesan yang dikonfigurasi pada
server surat itu. Setiap pengguna dengan kotak pesan harus lalu gunakan
email client untuk mengakses mail server dan baca pesan-pesan ini.

Protokol Email - Berbagai protokol aplikasi yang digunakan dalam
memproses email meliputi SMTP, POP3, dan IMAP4.

Instant Messaging (IM) - Aplikasi IM memerlukan konfigurasi minimal beroperasi. Setelah client diunduh, semua yang dibutuhkan adalah memasukkan username dan informasi password Selain pesan teks, IM bisa mendukung transfer dokumen, video, musik, dan file audio.

Panggilan Telepon Internet - Klien telephony Internet menggunakanteknologi peer-to-peer mirip dengan yang digunakan oleh instant messaging. IP telephony menggunakan Voice over IP (VoIP) yang mengubah sinyal suara analog menjadi data digital. Suara Data dienkapsulasi ke dalam paket IP yang membawa panggilan telepon melalui jaringan.

F.Kesimpulan
Sangat penting dalam Cisco mempelajari dasar-dasarnya sebelum masuk ketahap berikutnya,karna pada intinya jika kita melakukan suatu konfigurasi dan terjadi gejala troubleshooting maka akan cukup mempermudah kita melakukan perbaikan secara tepat dan ringkas

G.Referensi
-https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_(komputer)
-Makalah Protokol Jaringan | Rezmikazaing's Blog
-Klien-server - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
-Ebook REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter5 

No comments:

Post a Comment